Harus Tau! Tips Aman Berkendara Motor Saat Hujan

Bagi yang membawa kendaraan bermotor di Ibu Kota, rutinitas menembus hujan untuk bisa sampai kantor atau rumah merupakan sebuah tantangan tersendiri, karena genangan air dan derasnya hujan sangat berpotensi menyebabkan kecelakaan terlebih jika kita tidak hati-hati.

Berikut ini ada beberapa tips berkendara aman ketika hujan yang diambil dari laman facebook TMC Polda Metro Jaya.

superspring S-Lock
superspring S-Lock
  1. Periksa lampu kendaraan

lampu motor
lampu motor

Sebelum kita berkendara, baiknya kita harus memeriksa lampu kendaraan kita, apakah berfungsi normal atau tidak. Lampu tersebut sangat bermanfaat untuk membantu kita melihat di jarak pandang yang terbatas karena hujan.

  1. Cek tekanan udara dalam ban

tekanan udara ban
tekanan udara ban

Setiap seminggu sekali kita harus rutin cek kondisi tekanan udara dalam ban dan juga alur ban, karena alur ban dan tekanan udara dalam ban yang baik akan menghindari kendaraan melayang di atas air dan juga tergelincir pada saat hujan. Usahakan juga untuk menghindari penggunaan ban yang sudah tipis.

  1. Periksa rem, gas, kopling dan kemudi kendaraan

rem motor
rem motor

Kita harus tetap rajin cek kondisi semua bagian kendaraan mulai dari rem, gas, kopling dan juga kemudi kendaraan untuk mengantisipasi keadaan darurat yang disebabkan oleh kesalahan orang lain yang bisa mengakibatkan kecelakaan di jalan ketika hujan.

  1. Pakai jas hujan berbentuk baju dan celana

Usahakan untuk selalu menggunakan jas hujan berbentuk baju dan celana dibandingkan dengan jas hujan berbentuk ponco karena jas hujan ponco sangat rawan terselip di roda kendaraan dan akhirnya membuat celaka pengguna jas hujan ponco tersebut.

  1. Gunakan alas kaki yang tidak licin dan tahan air

sepatu anti air
sepatu anti air

Selain menggunakan jas hujan berbentuk ponco, gunakan juga alas kaki yang anti licin dan tahan air untuk menghindari selip akibat licinnya jalan ketika sedang hujan.

  1. Kurangi kecepatan kendaraan

speedomoter motor
speedomoter motor

Ketika sedang hujan, kita harus mengurangi kecepatan kendaraan untuk menghindari kecelakaan yang diakibatkan karena licinnya kondisi jalanan dan juga jarak pandang terbatas yang diakibatkan oleh hujan.

  1. Jaga jarak aman

jarak aman motor
jarak aman motor

Ketika hujan kita harus menjaga jarak aman karena proses pengereman kendaraan ketika hujan membutuhkan jarak yang lebih jauh dibandingkan kondisi ketika tidak hujan.

  1. Jangan sembarangan menerobos genangan air

genangan air
genangan air

Saat hujan, kita jangan asal menerobos genangan air, karena kita tidak tahu sebrapa kedalamannya yang akhirnya membuat kita terperosok kedalamnya

  1. Jangan menghidupkan mesin ketika mogok karena kemasukan air

banjir mogok
banjir mogok

Apabila kendaraan kita mogok akibat kemasukan air ke dalam saluran pembuangan gas, baiknya jangan menghidupkan kembali mesin tersebut karena dikhawatirkan sistem pengapian akan mengalami korsleting dan membuat kendaraan terbakar.

GPS Tracker Indonesia
GPS Tracker